Minggu, 03 September 2023

Pengisian LP2P untuk PNS Golongan III/a ke atas

LP2P adalah laporan pajak pajak pribadi yang wajib disampaikan oleh PNS pusat dan PNS daerah golongan III/a keatas sesuai dengan penghasilannya kepada Menteri Dalam Negeri.

Dasar hukumnya sebagai berikut : 
Keputusan Presiden Nomor : 33 Tahun 1986 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Pajak-Pajak Pribadi Bagi Pejabat Negara, Pegawai Negeri Sipil, Anggota Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, dan Pegawai Badan Usaha Milik Negera dan Daerah.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2004 tentang Laporan Pajak-Pajak Pribadi Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pegawai Negeri Sipil Daerah.

Nah, setelah tahu dasarnya, kita lanjut eksekusi di aplikasi nya.
2. Cantumkan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan kata sandi.
3. Klik "Login"






Masukkan NPWP tanpa tanda baca







Klik Nama Sekolah (tidak perlu sampai "Sub Bagian Tata Usaha" atau "Fungsional")
Klik "Save"




isikan dari 1721 A-2 baris nomor 15




isikan dari 1721 A-2 baris nomor 19



isikan "0"


isikan dari 1721 A-2 baris nomor 23A



Pajak Terutang semua isikan "0"


Pajak Yang Dipotong/Dipungut Pihak Ketiga
isikan dari 1721 A-2 baris nomor 23A masing-masing Tahun

Klik "Save"




isikan dari SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (tanpa tanda baca)



Keterangan 
Bila milik sendiri : isikan "Milik Sendiri"
Bila bukan milik sendiri : isikan "Milik Orang Tua/Saudara" 


Isikan dari PBB-P2 Terutang


Pajak dibayar : isikan sama dengan pajak terutang
Klik "Save"




Bisa dilihat pada STNK



Bisa dilihat pada STNK



Keterangan 
Bila milik sendiri : isikan "Milik Sendiri"
Bila bukan milik sendiri : isikan "Milik Orang Tua/Suami/Istri"

Bila sudah di isikan semua


Klik "Kirim LP2P"

Demikian artikel Pengisian LP2P untuk PNS Golongan III/a ke atas, semoga bermanfaat..



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penguatan IP ASN melalui SIBANGKODIR

Aplikasi Pengembangan Kompetensi Mandiri (SIBANGKODIR) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BPSDM Provinsi Jawa Timur guna mendukung pe...